/Mengenal Mode Pada Kamera DSLR

Mengenal Mode Pada Kamera DSLR

Mode Pada Kamera DSLR – Setiap kamera memiliki istilah masing-masing untuk pengaturan modenya. Diatas kamera ada sebuah Roda dimana kita bisa memilih mode operasi pada kamera, Paling tidak pilihannnya seperti ini Auto, P, S (Tv), A (Av), M dan Scene.
Mari kita mengenal mode kamera dengan detail.

Mengenal Mode Pada Kamera DSLR (Nikon 70D dan CANON 350D)

Saya akan menjelaskan Mode Pada Kamera DSLR (Nikon 70D)

1.Nikon D70

Mode pada kamera Nikon 70D

Nikon D70 Memiliki 11 pengaturan yaitu :

M : Full manual, Pada mode ini semua pengaturan di atur secara manual mulai dari shuter speed, ISO, dll

A : Aperture Priority, Dalam mode ini Aperture bisa diatur sesuai kehendak, namun Shuter Speed akan mengimbangin secara otomatis akan kebutuhan cahaya sesuai dengan besarnya aperture.

S : Shutter Priority, Ini adalah kebalikan dari Aperture Speed. Pada mode ini kalian bisa mengatur Shutter Speed sesuai kehendak, Namun Aperture akan mengimbangi secara otomatis tergantung kebutuhan cahaya yang sesuai dengan Shutter Speed.

P : Program, Dalam mode ini kalian bisa mengatur tingkat exposure bisa diatur sesuai kehendak, Namun Aperture dan Shutter Speed akan mengkalkulasikan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan cahaya.

Auto : Dalam mode ini fotografer tinggal “Jepret” saja, Karna mode ini sudah Full Auto.

Baca juga : Teknik Pengambilan Gambar Untuk Video, Lengkap!!

Landscape : Mode ini percabangan Full Auto seperti pada Mode Auto, Namun mode ini lebih disesuaikan dengan foto pemandangan (Landscape), Seperti tone warna yang lebih vivid, Dll.

Macro : Mode ini juga percabangan Full Auto, Namun lebih disesuaikan untuk foto Macro (jarak dekat sehingga objek tampak lebih besar), Seperti Fokus lensa yang disesuaikan,
Moving Object : Mode ini juga percabangan Full Auto, Namun lebih disesuaikan untuk memotret benda yang bergerak, Sehingga fokus lensa akan lebih cepat bergerak menyesuaikan pergerakan objek.
Night Landscape : Mode ini juga percabangan Mode Full Auto, Namun mode ini lebih disesuaikan untuk memotret pemandangan pada malam hari.

Night Portrait : Mode ini juga percabangan Mode Full Auto, Namun mode ini lebih disesuaikan untuk memotret Portait pada malam hari dan cahaya redup.

2.Canon 350D

Canon 350D mempunyai 12 Pengaturan :

Automatic Depth of Field atau juga disingkat A-DEP. Pada mode ini, Foreground dan background fokusnya diatur otomatis oleh kamera. Jadi memungkinkan untuk menghasilkan Foto yang lebih tajam.


M : Full manual, Sama seperti NIKON 70D, Pada mode ini semua pengaturan di atur secara manual mulai dari shuter speed, ISO, dll

Av= Aperture Value Priority, Sama seperti NIKON 70D, Dalam mode ini Aperture bisa diatur sesuai kehendak, namun Shuter Speed akan mengimbangin secara otomatis akan kebutuhan cahaya sesuai dengan besarnya aperture.

Tv= Time Value Priority, Pada mode ini kalian bisa mengatur Shutter Speed sesuai kehendak, Namun Aperture akan mengimbangi secara otomatis tergantung kebutuhan cahaya yang sesuai dengan Shutter Speed.

P= Program, Dalam mode ini kalian bisa mengatur tingkat exposure bisa diatur sesuai kehendak, Namun Aperture dan Shutter Speed akan mengkalkulasikan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan cahaya.

Auto : Dalam mode ini fotografer tinggal “Jepret” saja, Karna mode ini sudah Full Auto.
Landscape : Mode ini percabangan Full Auto seperti pada Mode Auto, Namun mode ini lebih disesuaikan dengan foto pemandangan (Landscape), Seperti tone warna yang lebih vivid, Dll.

Macro : Mode ini juga percabangan Full Auto, Namun lebih disesuaikan untuk foto Macro (jarak dekat sehingga objek tampak lebih besar), Seperti Fokus lensa yang disesuaikan,
Portait : Mode ini merupakan percabangan Mode Full Auto, Namun pada mode ini lebih disesuaikan pada kebutuhan Portait (Manusia), Seperti penggunaan total warna pada Skin Tone, Dll. 
Moving Object : Mode ini juga percabangan Full Auto, Namun lebih disesuaikan untuk memotret benda yang bergerak, Sehingga fokus lensa akan lebih cepat bergerak menyesuaikan pergerakan objek.


Night Scene : 
Mode ini juga percabangan Mode Full Auto, Namun mode ini lebih disesuaikan untuk kebutuhan pada malam hari.

No Flash : Mode ini juga percabangan Mode Full Auto, Biasanya pada mode Auto lainnya Built In Flash akan secara otomatis Pop Up apabila cahaya dirasa kurang. Pada Mode No Flash ini Built In Flash tidak akan menyala asma sekali, Sehingga Shutter Speed dan Apature akan berperan megimbangi kebutuhan cahaya.

Itulah beberapa Mode Pada Kamera DSLR Jika dirasa ada yang kurang atau salah, Mohon bantu dibenarkan lewat Kolom komentar.
The following two tabs change content below.